Website Resmi Desa Parit I Api-Api

Sejarah Singkat

Sejarah Singkat

Berdasarkan cerita orang tua  secara turun temurun, desa parit I Api-Api merupakan bagian dari desa Api-Api. nama parit I Api-api diambil berdasarkan kedudukan desa yang mempunyai satu buah parit besar hasil gotong royong orang-orang tua dahulu.  Parit  yang terbentang luas dengan panjang 2000 M,  memotong desa hingga sampai ke desa tetangga dan nama api-api merupakan hasil pecahan dari desa api-api.

Parit I Api-Api dirintis pada tahun 1925, yang merupakan daerah bagian kepenguluan  dari desa api-api, kemudian memisahkan diri menjadi desa defetinif  pada tahun 1949, yang sebelumnya hanyalah sebuah rukun kampung ( RK) atau RW dari desa api-api. parit I Api-Api mulai dirintis pada tahun 1925 oleh perantau yang ingin meningkatkan taraf hidup. Pendatang pertama adalah Mbah Kliwon dan kemudian diikuti oleh pak jiman yang kesemuanya berasal dari tanah jawa, dan ada juga pendatang dari negeri seberang (malaysia).

Awal mulanya daerah ini hanya dihuni oleh 5 kepala keluarga, kepala pemerintahan waktu itu dipegang oleh mbah kliwon dengan jabatan sebagai ketua RT/RW. Pada tahun 1949, mbah klwon meninggal dunia, dan pada waktu bersamaan rukun kampung terpisah dari desa api-api, maka tampuk pemerintahan beralih kepada anaknya yaitu, bapak kemat yang ditunjuk sebagai penghulu dari pihak kecamatan.

Sebelum berakhirnya masa pemerintahan bapak kemat (1949-1982) ia meninggal dunia dan tampuk pemerintahan diganti oleh bapak sarjan ( 1983-1990). Setelah berakhirnya masa jabatannya, maka pemerintahan dilanjutkan oleh M. Saleh (1990-2008), dari hasil pemilihan masyarakat. Pada tahun 2009 s/d 2015, pemerintahan desa dipangku oleh bapak Mismon. Pada tanggal 27 maret 2015, berakhirnya masa jabatan kepala desa. Melalui keputusan Bupati, pemerintahan desa di lanjutkan oleh nurzaman sebagai penjabat kepala desa, Genap satu tahun sebagai penjabat kepala desa, melalui keputusan Bupati Bengkalis, Bapak Ruslan, SH ditunjuk sebagai PJ. Kepala Desa Parit I Api-Api sampai terpilihnya kepala desa defenitif.